Modeling karakter dengan Blender 2.63

Hai…
Mencermati pergerakan grafik pengunjung di website DodyAnimation.com ini terbilang unik. Setiap kali ada tutorial baru yang saya upload mendadak pengunjung website saya meningkat tajam. Rata-rata pengunjung terdeteksi membuka halaman tutorial yang baru saya upload. Namun jika saya lihat di youtube channel saya yang videonya saya link kan ke website ini terlihat angka tayang yang sangat sedikit sekali. Saya menyimpulkan kebanyakan pengunjung hanya berhenti di halaman tutorialnya saja tanpa melihat/mempelajari video tutorial yang sudah (dengan sabar) saya upload ke youtube channel.
Berarti sia-sia dong video tutorial yang saya upload berjam-jam itu? saya berfikir seperti itu. Namun saya akui hal ini sangat wajar terjadi mengingat kodisi koneksi/kecepatan internet kita di Endonesa ini sangatlah lemot bin lelet alias byar pet.
Untuk itu sudah lama saya kepikiran membuat tutorial versi teks seperti yang anda lihat saat ini. Tapi yaaa.. saya sempatnya baru sekarang ini bikin versi teksnya. Semoga dengan adanya tutorial versi teks ini bisa menjadi solusi anda yang susah buffering video.
selamat menikmati. Kritik dan saran saya tunggu.
- Pengenalan tools
tools yang sering di gunakan:
Grab : G
Rotate : R
Scale : S
Wireframe/solid : Z
Front view : 1 (numpad)
Right view : 3 (numpad)
Perspecive view : 5 (numpad)
Camera view: 0 (numpad)
Zoom extend : . (numpad)
Box selection : B
Edit mode : Tab
Exrude : E
Edge loop : CTRL + R
vertex,edge,face : Ctrl + Tab
Knife : K > Space (confirm)
Disolve : X > Disolve (to remove)
Merge vertex : W > Merge atau ALT + M
Duplicate : Shift+ D
Face : F (create face)
Proportional editing : O
- Persiapan
Mulai….
Split tersebih dahulu viewport menjadi dua seperti pada gambar berikut. Viewport tersebut di jadikan sebagai view Front dan Right

Proses persiapan berikutnya adalah menempatkan gambar acuan tampak depan dan samping di viewport front (numpad 1)dan Right (numpad 3). Tekan “N” untuk membuka menu dikanan dari tiap view. Lalu klik add image (lihat gbr di bawah ini). nyalakan (centang) background images

Cari gambar panduan yang sudah saya siapkan (download) . Atur seperti gambar berikut

Oke, sekarang di tiap viewport (front & Right) sudah tersedia gambar acuan. tempatkan objek cube di posisi serti pada gambar ini

tekan “TAB” untuk masuk ke Edit Mode, Lalu tambahkan segment menjadi seperti pada gambar berikut

Delete sebagian face. Seleksi vertex (lihat gambar), kemudian tekan “X” dan pilih Faces

Berikan modifikasi Mirror. atur seperti pada gbr berikut

Posisikan tiap-tiap vertex menjadi seperti ini

Tambahkan juga beberapa segmen baru seperti gambar diatas.
Skala Face paling kanan. Hal ini dilakukan agar bentuk cube menajadi melengkung (sesuai bentuk tubuh)
Kemudian geser juga edges kedua dari kanan (lihat gbr bawah) sambil menyalakan Edges slide (CTRL +E > Edges slide)

Pada Face atas (tangan) buat menjadi kotak. Face ini nantinya akan digunakan untuk membuat lengan.

Pada bagian belakang, atur vertex punggung agak masuk

Bagian bawah, atur vertex menjadi seperti berikut

- Lengan

Posisikan hasil extrude langsung di pergelangan lengan. lalu tambahkan segment baru di tengahnya (Ctrl+R)

Tambahkan juga beberapa segment/edges baru, lalu scale pada tiap bagian menyesuaikan dengan gambar acuan dari view front

- Kaki

Ratakan face bagian bawah (kaki) yang masih aktif. Caranya: tekan S > Z >0 (Scale > sumbu Z > nol)
maka akan seperti ini

Tambahkan segment (edges) pada kaki secukupnya, lalu posisikan tiap vertes menyesuaikan gambar acuan yang ada

- Dada dan perbaikan badan

Tambahkan segment pada perut (ctrl+R) secukupnya lalu posisikan sesuai gambar acuan

ini juga

Bagian samping

- Telapak kaki

Aktifkan tiga face, lalu extrude ke depan

tambahkan segment/edges tiga buah

Atur posisi vertex


- Jari tangan

Agar jumlah face depan menjadi empat (untuk 4 jari), kita perlu memecah lagi face depan/ Gunakan knife tool (K) dan potong seperti pada gambar berikut. untuk meng-confirm anda gunakan Space bar. Ingat usahakan semua face berbentuk segi empat.

Pada salahsatu face untuk jari, extrude dan bentuk mejadi seperti jari

Setelah jadi satu jari, kita bisa menduplikat jari tersebut dan menempatkannya pada bagian di sebelahnya berulang-ulang. caranya: aktifkan face jari, kemudian duplikat (Shift+D), geser ke sisi kanan > kemudian delete face pada lengan (tempat jari akan di sambungkan) kemudian tempelkan vertex dengan vertex yang terpisah dengan merge (Alr+M)



Untuk jari jempol juga sama, hanya yang di duplikat sebagian ruas saja

sambungkan jari jempol dengan telapak tangan

- Wajah

contoh gambar referensi yang saya gunakan
Extrude face leher berikut
Atur sesuai gambar acuan, dan extrude lagi
Dari perspektif bentuk leher harus melingkar, bukan kotak
Sekarang extrude agak panjang sampai ujung kepala
Tambahkan tiga segment terlebih dahulu, lalu posisikan tiap vertex seperti pada gambar dibawah
Tambahkan lagi edges sesuai kebutuhan
lagi dan lagi. anda juga bisa gunakan knife tool untuk menambahkan edge dengan lebih leluasa
ingat, usahakan tidak ada face yang berbentuk segi tiga, segi lima atau lebih. usahakan selalu segi empat.
Lanjutkan sampai model karakter anda
sempurna. Bila masih belum sempurna saya sarankan mengulanginya lagi
dari awal berkali-kali. Jangan bosan melakukannya kalau anda ingin mahir
. Sumber : http://dodyanimation.com/2012/07/15/modeling-karakter-dengan-blender-2-63-versi-teks/
